LAPORAN STEAM
PENERAPAN TEKNIK DIGITAL MARKETING TERHADAP PENJUALAN PRODUK CIMOL BOJOT DAN CHODRINK PADA KEGIATAN BAZAR DI SMA NEGERI 1 SAGULING
dibuat oleh :
Aldi Gunawan
Ahmad Junaedi
Lisda Nuraeni
Marni
Mutya Widjaya
Nayla Putri Sabila
Sinta Amelia
Kelompok : 9
Kelas : XII MIPA 2
Guru pembimbing : Pajar Minardi, S.Pd
SMA NEGERI 1 SAGULING
TA 2023/2024
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
SMA Negeri 1 Saguling yang beralamat di Kp. Jalupang Kidul, Desa Girimukti, kecamatan Saguling, KBB. SMA Negeri 1 Saguling adalah salah satu sekolah yang berada di kecamatan Saguling. Salah satu program SMA Negeri 1 Saguling ini adalah bazar makanan tradisional maupun modern.
Pelaksanaan bazar pada tahun 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Yaitu menggunakan landing page untuk bahan promosi menu jualan, serta keterangan menu jualan, dan dicantumkan nomor telepon pemilik kios untuk pemesanan secara online.
B. Tujuan Teknik Digital Marketing
Tujuan penggunaan digital marketing pada bazar yaitu :
- Mempermudah pembayaran secara online.
- Mengetahui proses pembuatan pembayaran secara online.
- Menghemat biaya dalam intensitas serta jangkauan pemasaran.
- Menghemat waktu.
- Jenis Produk
Jenis produk yang kami jual adalah makanan ringan cimol bojot yang memiliki bahan baku tepung tapioka, tepung terigu dan penyedap serta dibumbui dengan chili oil yang mengandung sensasi pedas. Selain makanan ringan cimol bojot, kami juga menjual minuman chodrink yang terbuat dari serbuk minuman chocolatos drink, susu kental manis coklat, serta di beri toping bubuk goriorio.
2. Alasan Memilih Produk
Alasan kami memilih produk cimol bojot dan minuman chodrink ini karena, cimol bojot bahan bakunya mudah didapat dan menu yang memiliki rasa pedas banyak diminati dikalangan remaja. Sedangkan minuman chodrink sangat mudah mudah dibuat dan bahan bakunya mudah didapat.
B. Strategi Promosi dan Pemasaran
Untuk strategi promisi dan pemasaran kami menggunakan landing page dan poster untuk dibagikan disosial media. Karena stok penjualannya terbatas, kami menggunakan teknik purchase order.
C. Manajemen Anggota Kelompok
Kami membuat produk langsung dengan tangan kami sendiri secara bersama-sama.
1. Ahmad Junaedi menyediakan tempat untuk produksi serta alat-alat yang dibutuhkan. Selain itu, Ahmad Junaedi juga membantu pengolahan, pengemasan, pemasaran, penjualan, pembuatan laporan landing page dan pembuatan rencana anggaran biaya.
2. Aldi Gunawan membantu penjualan dan pembuatan rencana anggaran biaya.
3. Lisda Nuraeni membantu pengolahan, pengemasan, pemasaran, penjualan, pembuatan landing page dan pembuatan laporan.
4. Marni membantu pengolahan, pengemasan, pemasaran, penjualan, pembuatan landing page dan pembuatan laporan serta rencana anggaran biaya.
5. Mutya Widjaya membantu pengolahan, pengemasan, pemasaran, penjualan, dan pembuatan rencana anggaran biaya.
6. Nayla Putri Sabila membantu pengolahan, pengemasan, pemasaran, penjualan, pembuatan landing page dan pembuatan laporan serta rencana anggaran biaya.
7. Sinta Amelia membantu pengolahan, pengemasan, pemasaran, penjualan, pembuatan landing page dan pembuatan laporan.
D. Laporan Keuangan
- Modal awal Rp. 230.000,00
2. Harga jual produk/.buah Rp. 5000,00
- Kami kesulitan untuk mendapatkan adonan cimol yang pas dan mudah untuk dibentuk.
- Kami sulit menyesuaikan waktu karena adonan cimol harus dibuat secara mendadak. Karena kami rumahnya berjauhan sehingga kami harus menginap di salah satu rumah yang dekat dengan tempat pembuatan produk.
- Landing page menurut kami sedikit rumit untuk dibuat dan digunakan.
Berwirausaha adalah suatu kegiatan yang memerlukan sikap dan mental yang kuat serta keberanian untuk menawarkan produk yang kita miliki dan untuk membuat suatu produk. Karena tidak semua orang berminat untuk membeli produk yang kita jual dan produk yang kita buat tidak selalu berhasil. Selain itu faktor banyaknya pesaing yang memiliki produk yang lebih unik membuat produk jualan kami sedikit peminat. Teknik digital marketing menggunakan landing page akan terasa sulit digunakan jika kita kurang memahami teknik digital marketing.
Saran
Saran dari kami untuk strategi promosi dan pemasaran menggunakan teknik digital marketing dengan landing page harus diperbaiki atau dihilangkan. Karena tidak semua orang mengerti tentang teknik digital marketing menggunakan landing page. Kebanyakan orang merasa lebih efektif menggunakan secara offline.
LAMPIRAN
![]() |
| Foto 1: Penjualan Produk |
![]() |
| Foto 2: Penjualan |
![]() |
| Foto 3: Produk Yang Sudah Jadi |






Komentar
Posting Komentar